Sektor kerajinan di desa Ganggang Panjang sebenarnya bukanlah sektor utama mata pencaharian penduduk di desa yang terletak sekitar 2 Km dari pemerintahan Kecamatan Tanggulangin kabupaten Sidoarjo.
Unit Kegiatan Masyarakat ( UKM ) kerajinan anyaman di desa Ganggang Panjang merupakan kerajinan dari jenis bambu. UKM ini berdiri sejak tahun 1993. Pak Pangkat adalah salah satu pemilik UKM di desa Ganggang Panjang, selain mengelola usaha kerajinan anyaman, beliau juga masih menyempatkan waktu untuk melatih ketrampilan Kursus menganyam kepada warga ganggang panjang lainnya yang berminat ingin mengembangkan UKM anyaman bambu ini. Meskipun hanya dikelola berdua dengan istri, namun omset yang di hasilkan bisa menarik keuntungan yang lumayan.

Omset per harinya bisa menghasilkan sekitar 1 keranjang. Untuk wilayah pemasaran, saat ini sudah menjangkau wilayah regional jawa timur, antara lain sidoarjo, Surabaya, porong dan pasuruan. Disamping itu masih ada kesulitan yang dihadapi Pak Pankat Untuk lebih mengembngkan usahaUKM miliknnya, yakni kesulitan bahan baku dan pengembangan jangkauan wilayah pemasaran. Untuk prospek ke depannya, UKM ini diharapkan bisa dikembangkan lebih maksimal lagi. Mengingat masih minim modal, juga sarana dan media pemasaran selama ini masih kurang  optimal. Dan faktor lainnya adalah kondisi perekoniman saat ini agaknya kurang mendukung , karena situasi pangsa pasar yang sepi dan usaha UKM ini masih bersifat musiman. Di harapkan bahwa dengan menggunakan media web, UKM ini bisa lebih memacu perkembangan usaha UKM ini. 

7/14/2012 17:04:17

will return quickly

Reply



Leave a Reply.