Picture
Sektor peternakan di desa Gemulung sebenarnya bukanlah sektor utama mata pencaharian penduduk di desa yang terletak sekitar 2 Km dari pusat pemerintahan Kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara.
Unit Kegiatan Masyarakat ( UKM ) Peternakan ayam di desa Gemulung merupakan peternakan ayam untuk jenis ayam broiller pedaging. Ayam jenis ini dapat mencapai berat sekitar 2 Kg 8 ons ketika berumur kurang lebih 40 hari, dan siap untuk dipanen.
Salah satu peternakan ayam di desa Gemulung adalah peternakan ayam milik mas sigit dan mas arif yang terletak di RT 03 RW 02 desa Gemulung. Di peternakan yang dapat menghasilkan tidak kurang 2500 ekor ayam siap konsumsi tiap panen ini dibutuhkan sedikitnya 8-9 ton pakan ayam ( Livur ) dari masa pembesaran sampai masa panen yang membutuhkan waktu sekitar 36-40 hari.
Beternak ayam sebenarnya susah-susah gampang. Gampang karena sebenarnya perawatan dan pemeliharaan ayam ternak tidaklah sulit. Keuletan dan ketekunan dalam pemberian pakan dan vaksin secara teratur, serta kecermatan dalam hal kebersihan kandang tentu akan menghasilkan ayam-ayam pedaging yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.
Namun bila ayam-ayam ternak sudah terkena penyakit maka pengobatan yang diperlukan hingga resiko matinya ayam tidaklah sedikit. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk pakan ayam yang mencapai hingga 9 ton untuk sekali musim pembesaran hingga panen yang diperkirakan mencapai 46 juta rupiah, mengingat harga 1 sak livur 50 Kg mencapai 255 ribu rupiah. Hal inilah yang kemudian membuat mayoritas penduduk desa Gemulung enggan untuk beternak ayam dan lebih memilih sektor usaha yang lain seperti pertanian dan perkebunan.

Picture



Leave a Reply.